(021) 50829292 (021) 50829282 Pencarian

Selamat Datang Di

Hemodialisis

Deskripsi

   Hemodialisis adalah salah satu metode untuk mengobati kondisi penyakit gagal ginjal dan dapat membantu penyAndang gagal ginjal untuk tetap aktif dan produktif meskipun telah mengalami gagal ginjal. Hemodialisis merupakan terapi pengobatan pengganti ginjal dimana ginjal tidak dapat berfungsi normal. Dalam proses Hemodialisis, mesin menyaring hasil metabolisme, racun, garam dan cairan dari darah ketika ginjal Anda tidak dapat untuk melakukan fungsinya secara normal.
Penyandang gagal ginjal yang menjalani hemodialisis, perlu memerhatikan:

  • Mengikuti jadwal hemodialisis secara teratur dan berkesinambungan
  • Minum obat secara teratur dan tepat waktu
  • Mengikuti pola makan sehat untuk ginjal
   Bagi penyandang gagal ginjal yang menjalani hemodialisis, prosedur pengobatan hemodialisis merupakan proses terapi pengganti ginjal yang memerlukan penangganan khusus, akan tetapi Anda tidak perlu merasa bingung, ragu, dan sendirian. Mengapa? Karena Anda akan bekerja sama dan percaya dengan tim hemodialisis di RSUI. Tim hemodialisis RSUI terdiri tenaga kesehatan yang professional termasuk konsultan spesialis ginjal hipertensi, dokter tersertifikat hemodialisis, perawat mahir hemodialisis, elektromedis, tim gizi, dan farmasi klinis yang berpengalaman menanggani hemodialisis.

Ruang Lingkup Layanan

   Layanan Hemodialisis RSUI hadir dengan konsep layanan "One Gate System" yang terintegrasi dan komprehensif sehingga pasien mendapatkan tatalaksana yang menyeluruh dan optimal baik rawat jalan maupun rawat inap.
   Konsultan ginjal hipertensi (nefrologis), kami akan membantu Anda secara holistik dan komprehensif dalam mengevaluasi kondisi Anda dalam menentukan kebutuhan hemodialisis berdasarkan beberapa faktor, yaitu:

  1. Kesehatan fungsi ginjal secara keseluruhan
  2. Tanda dan gejala dari ganggaun fungsi ginjal
  3. Hasil laboratorium dan penunjang lainnya
  4. Personal preferences
  5. Kualitas hidup pasien
   Setelah nefrologis kami memutuskan Anda memerlukan hemodialisis, Anda memerlukan persiapan untuk memudahkan akses ke aliran darah Anda. Terdapat dua jenis akses cuci darah, diantaranya yaitu Arteriovenosa Fistula (AV Fistula) dan Catheter double lumen (CDL).
   Tim kami akan bekerja sama dengan ahli bedah konsultan torakokardiovaskular untuk pembuatan akses vascular (AV fistula). Pembuatan akses vaskular ini bertujuan untuk membuat agar memudahkan proses hemodialisis dengan membuat sebagian darah dapat dikeluarkan dengan aman dari sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan dikembalikan kembali ke dalam sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Akses vaskular ini membutuhkan waktu untuk berfungsi optimal sebelum Anda dapat menggunakannya dalam proses hemodialisis. Sehingga terdapat juga pemasangan akses cuci darah sementara (CDL) menunggu akses vaskular siap digunakan.
   Bila Anda sudah memiliki akses vaskular, proses hemodialisis baru dapat dilakukan. Selama proses hemodialisis, Anda cukup berbaring sementara darah Anda akan mengalir ke dialiser yang bertindak sebagai ginjal buatan untuk membersihkan darah Anda. Selama proses hemodialisis, Anda dapat menggunakan waktu untuk menonton TV, berselancar internet, membaca, tidur siang. Tim kami akan selalu siaga selama proses hemodialisis berlangsung. Selama proses hemodialisis juga, Anda dapat juga mendapatkan pemberian obat atau suplemen sesuai yang dapat membantu pemulihan kondisi badan.
   Kebanyakan orang yang telah menjalani hemodialisis, sebelumnya memiliki beberapa penyakit dasar. Proses hemodialisis merupakan salah satu cara yang efisien untuk menggantikan fungsi ginjal yang hilang, dan dapat memperpanjang harapan hidup. Akan tetapi, tidak tutup kemungkinan Anda mengalami kondisi yang menjadi resiko selama menjalani proses hemodialisis. Resiko yang dapat terjadi diantaranya:
  1. Tekanan darah rendah (hipotensi)
  2. Kram otot
  3. Gatal
  4. Gangguan tidur
  5. Anemia
  6. Penyakit tulang dan mineral
  7. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  8. Peradangan selaput jantung (pericarditis)
  9. Gangguan elektrolit darah
  10. Komplikasi area sekitar akses
   Namun Anda jangan khawatir, karena Anda akan selalu dalam pemantauan kami melalui evaluasi rutin melalui poliklinik Ginjal dan/atau Penyakit Dalam yang selalu memantau dan evaluasi hasil dari hemodialisis serta komplikasi yang dapat terjadi.

Layanan Unggulan

   Selain memiliki Tim yang solid, profesional dan berpengalaman, layanan unggulan Hemodialisis RSUI adalah

  • Hemodialisis Konvensional
  • Program layanan rutin hemodialisis RSUI yang dilakukan secara dua hingga tiga kali seminggu atau sesuai kebutuhan pasien. Layanan hemodialisis RSUI juga menyediakan pro

  • Hemodialisis SLED (Sustained Low Efficiency Dialysis)
  • Pada beberapa pasien, hemodialisis dengan program rutin (konvensional) tidak dapat dilakukan karena terjadi perubahan signifikan dalam hemodinamik (tekanan darah) sehingga membutuhkan hemodialisis yang melakukan penyaringan dengan laju pelan dengan program tertentu. Kami di RSUI dapat melakukan program tersebut dengan hemodialisis SLED (Sustained Low Efficiency Dialysis) dengan laju tertentu untuk mengurangi risiko perubahan hemodinamik dengan durasi yang diperpanjang sehingga tetap mendapatkan efek yang sama dengan hemodialisis konvensional

  • Hemodialisis Isolasi
  • RSUI memiliki hemodialisis ruang isolasi yang berfungsi untuk melakukan hemodialisis pasien yang membutuhkan Hemodialisis Isolasi atau mesin tersendiri seperti pasien dengan hepatitis B. Tidak banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas hemodialisis isolasi dan RSUI memiliki fasilitas tersebut.

  • Layanan Edukasi Nutrisi Ginjal
  • Layanan hemodialisis RSUI berintegrasi dengan layanan edukasi nutrisi ginjal. Pasien dengan gagal ginjal terutama pasien yang melakukan hemodialisis memiliki risiko tinggi mengalami gangguan gizi dan malnutrisi. Oleh karena itu, Hemodialisis RSUI memiliki program untuk mengedukasi pasien-pasien hemodialisis mengena nutrisi ginjal yang dilakukan oleh tim gizi terbaik di RSUI

  • Post office dialysis
  • Dengan perkembangan gaya hidup saat ini, tidak sedikit gangguan ginjal hingga membutuhkan hemodialisis menyerang usia produktif. Pasien tetap harus bekerja namun kesulitan dalam mencari fasilitas hemodialisis yang memberikan waktu pelayanan setelah jam kerja kantor. RSUI dengan inovasi dan komitmen dalam memberikan layanan hemodialisis yang paripurna membuat program layanan hemodialisis yang dimulai setelah jam kerja yang khusus ditujuakn untuk pekerja kantor.

  • Layanan shuttle bus
  • RSUI memiliki layanan antar jemput bus dari titik point yang dtentukan ke RSUI untuk mempermudah pasien menuju RSUI terutama pasien hemodialisis.

Percayakan kesehatan ginjal Anda bersama RSUI.

Jam Operasional Layanan Hemodialisis

Hari Senin – Sabtu:

  1. Pagi    : 07.00 – 14.00 WIB
  2. Siang   : 13.00 – 20.00 WIB

Pendaftaran dapat langsung melalui Whatsapp kami