Teknologi

Teknologi Pendukung

Teknologi

RSUI merupakan RS-PTN digital pertama di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen operasional berbasis teknologi informasi jaringan dari ujung ke ujung (front end-to-back end). RSUI memiliki pangkalan data dengan kapasitas penyimpanan sebesar 500 TB. Pangkalan data ini terhubung dalam sebauh saling hubungan berbentuk bintang (star-shaped interconnection) yang bersifat redudant untuk menjamin fall-back recovery mechanism dengan seluruh sistem tata kelola yang diterapkan di RSUI. Pangkalan data ini terhubung dengan seluruh sistem mekanikal-elektrikal, sistem pelayanan medis, sistem pelayanan keperawatan, sistem penunjang medik, sistem penunjang non-medik serta sistem manajemen operasional di semua lantai dalam kompleks rumah sakit.

Bagi Direksi RSUI, pangkalan data dan iterkoneksi berbentuk bintang memungkinkan tata kelola rumah sakit yang minim dokumen (less paper). Bagi dokter di semua titik layanan, dengan menggunakan rekam medik elektronik yang terhubung langsung dengan sistem informasi manajemen rumah sakit, maka dokter tidak perlu lagi menuliskan hal yang sama di rekam medik, di kertas resep, dan di surat permintaan pemeriksaan penunjang. Dokter tidak perlu lagi menuliskan segala sesuatu yang bersifat administratif secara berulangkali. Perawat yang tengah bekerja di poliklinik, di ruang perawatan atau yang tengah bertugas di luar gedung akan terhubung langsung dengan pangkalan data. Bagi petugas billing yang bertanggung jawab melengkapi dokumen bukti pelayanan, melalui pangkalan data dan interkoneksi berbentuk bintang, maka mereka akan terhubung langsung dengan unit gawat darurat, poli rawat jalan, ruang rawat inap, ruang operasi, ruang rawat intensif, berbagai peralatan laboratorium, peralatan imaging, farmasi, dan dapur. Dengan demikian, petugas billing dapat mengajukan klaim tagihan lengkap dalam waktu singkat kepada pasien atau ke asuransi penyandang dana.

Bagi institusi riset, pangkalan data tersebut merupakan lahan subur untuk menghasilkan translational research yang inovatif. Data yang terhimpun di pangkalan data memungkinkan data mining profil sosial-ekonomi-demografi pasien atau klien yang pernah berkunjung ke RSUI dan jejaring pelayan kesehatan dalam DAHCN. Hasil analisis proses data mining tersebut merupakan asupan penting untuk bahan pemasaran dalam melakukan segmentation, targeting, dan positioning pelayhanan kesehatan yang akan dijual. Dengan demikian, RSUI akan menjadi RS-PTN pertama di Indonesia yang memiliki pangkalan data dan interkoneksi berbentuk bintang ke setiap titik pelayanan untuk mendukung pelayanan kesehatan yang lebih unggul, efisien dan terintegrasi.

Keunggulan

Kapasitas pangkalan data dan jenis jaringan serat optik Tipe CAT 6 mampu menjamin aliran data hingga 400 mHz ke seluruh titik layanan di kompleks bangunan RSUI tanpa hambatan (seamless). Ketersediaan pangkalan data dan interkoneksi ini memungkinkan data warehousing bagi kepentingan manajemen operasional serta penyelenggaraan pelayanan, pendidikan dan penelitian secara terintegrasi.