Aman

Aman

Aman

Ruang rawat inap yang rentan pertumbuhan kuman dirancang ditata agar dapat memperoleh sinar ultra violet matahari sebanyak-banyaknya sebagai salah satu program pengendalian infeksi di rumah sakit.
Sistem kelistrikan di seluruh kompleks bangunan bersifat variabel yang bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan tidak terputus (uninterruptible medical services) serta menekan biaya operasional.
Sistem tata alir dan penyejuk udara di seluruh kompleks bangunan ber-sifat variabel yang bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan penyakit di rumah sakit melalui udara serta menekan biaya operasional. Sistem tata air bersih di seluruh kompleks bangunan menggu-nakan pipa anti bakteri yang bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan penyakit di rumah sakit melalui air serta menekan biaya operasional.
Sistem lintasan dan penunjuk arah bagi pasien dan pendamping pasien, staf pemberi laya-nan dan staf penunjang, barang medik dan barang non-medik dipilah menurut ruangan dan zonasi bangunan yang bertujuan untuk memudahkan akses, menghindari lalu-lalang orang yang berisiko terjadinya penularan penyakit di rumah sakit, serta menghindari kepadatan orang di berbagai titik layanan.
Bangunan untuk mesin generator listrik dan mesin peng-hembus udara sejuk terpisah dari bangunan yang berfungsi untuk unit gawat darurat, poli rawat jalan, ruang rawat inap, ruang rawat intensif, instalasi bedah pusat dan manajemen. Dengan demikian, pasien dan seluruh staf pemberi layanan di RSUI dapat bekerja produktif, bebas dari getaran dan kebisingan.

Keunggulan

Bangunan utama RSUI berdiri di atas bantalan anti gempa yang berada di  dasar konstruksi yang bertujuan untuk menahan guncangan dengan aman  hingga 9.0 Skala Richter. Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api  dan bebas asap sebagai area aman tempat berkumpul yang bertujuan untuk  memudahkan evakuasi pada musibah kebakaran.spital  Tourism.