RSUI

We Provide Outstanding Care

Rumah Sakit Universitas Indonesia

RSUI sebagai RSPTN milik Universitas Indonesia merupakan rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang berorientasi sepenuhnya pada penyediaan lahan pendidikan profesional bagi dokter, dokter gigi, keperawatan, farmasi dan kesehatan masya-rakat secara terintegrasi. Pem-bangunan RSUI merupakan respons Pimpinan Universitas Indonesia untuk menyediakan lahan baru bagi pendidikan pro-fesional pada beberapa fakultas dalam Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). 

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai rumah sakit umum pusat nasional yang selama ini digunakan sebagai lahan pendidikan, kian hari semakin berat bebannya dalam menyelenggarakan pelayanan yang bersifat spesialistik dan sub-spesialistik. RSCM tumbuh menjadi rumah sakit tersier bahkan kuartier yang lebih cocok untuk lahan pendidikan dokter spesialis dan sub-spesialis. Kon-sep RSUI sebagai rumah sakit pendidikan profesional mahasiswa RIK dibangun melalui pengembangan Jejaring Akademik Layanan Kesehatan Depok (Depok Academic Health-care Network/ DAHCN) yang melibatkan rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya.

RSUI akan berperan sebagai pengampu bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi. Kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kota Depok dan sekitarnya akan jauh meningkat sejalan dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk pengetahuan, keterampilan serta kompetensi tenaga kesehatan yang bergabung dalam DAHCN.
Pada saat yang bersamaan, jejaring pelayanan kesehatan dalam DAHCN menjadi lebih mampu memberikan masyarakat akses yang lebih dekat dan lebih terjangkau terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Sebuah sistem informasi pelayanan kesehatan yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis jejaring telah dibangun untuk menghubungkan masyarakat di wilayah Kota Depok dan sekitarnya dengan RSUI dan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan yang tergabung di dalam DAHCN.